Membuat Kue saat Hari Ibu – Sejarah dan Tradisi Hari Spesial ini

Hari Ibu adalah waktu di mana kita semua mengucapkan “terima kasih” kepada ibu yang menjaga kita dan melakukan beberapa pekerjaan lainnya di rumah seperti mencuci, menyapu, dan membersihkan rumah. Kebanyakan dari kita suka memberikan kartu ucapan dan hadiah kecil, membuatkan sarapan, membuat kue atau memasak makan siang untuk mengungkapkan apresiasi. Tetapi kapan sebenarnya tradisi ini dimulai?

Tampaknya sejarah Hari Ibu dapat ditelusuri dari perayaan musim semi Yunani kuno untuk menghormati Rhea, Ibu para Dewa. Selama tahun 1600-an, orang Kristen di Inggris merayakan hari untuk menghormati Maria, Ibu Yesus yang kemudian diperluas untuk mencakup semua Ibu, dan disebut sebagai Minggu Ibu.
Di Inggris Minggu Ibu atau hari Ibu selalu dirayakan pada hari Minggu ke-4 Pra-paskah (yang berlangsung dari Rabu Abu sampai hari sebelum Minggu Paskah), yang jatuh pada tanggal yang berbeda setiap tahun. Hari Minggu dimanfaatkan untuk pergi ke gereja untuk beribadah di tempat ibadah terdekat. Berabad-abad lalu hal itu dianggap penting bagi orang untuk kembali ke rumah mereka atau 'ibu' gereja setahun sekali. Jadi setiap tahun di tengah-tengah Pra-paskah setiap orang akan mengunjungi 'ibu' gereja-gereja utama atau Katedral pada daerah tersebut. Hari ini menjadi kesempatan ketika keluarga berkumpul dengan anak-anak yang bekerja jauh dari rumah (biasanya dalam bentuk pelayanan) diberi hari libur dan diizinkan pulang untuk melihat keluarganya. Seringkali pembantu rumah tangga akan memungkinkan pelayan untuk mengambil telur atau bunga atau memanggang kue untuk dibawa pulang untuk ibu mereka. Sehingga menjadi hari perayaan keluarga ketika hadiah kecil ditukar.

Hari Ibu juga dikenal sebagai Minggu penyegar karena aturan puasa Pra-paskah pada hari itu telah selesai. Kue Simnel (kue buah dihiasi dengan marzipan) secara khusus dikaitkan dengan Hari Ibu 'dan sering diberikan kepada ibu-ibu pada hari ini. Legenda mengatakan bahwa kue ini mendapat namanya ketika seorang pria bernama Simon dan istrinya Nell berdebat apakah Kue hari Ibu mereka harus dipanggang atau direbus - sehingga mereka melakukan keduanya SIM: NEL!

Apapun alasan untuk Hari Ibu, sekarang sudah ada tradisi indah terkait makanan. Dan apa yang bisa lebih istimewa untuk Ibu daripada sebuah sarapan di tempat tidur, makan siang disiapkan atau dari kue lezat dipanggang dan disajikan dengan teh? Memasak bersama anak tidak perlu menjadi masalah, mungkin akan sedikit berantakan, Anda mungkin berakhir dengan bahan baku yang keluar dari mangkuk. Namun, di manapun noda menempel, apakah pakaian atau taplak meja Anda dengan Vanish akan dibersihkan dalam sekejap. Tidak masalah jika saus tomat atau kopi dari sarapan di tempat tidur, cokelat, atau es krim dari kue atau noda rumput dan noda lumpur, memetik bunga dari kebun, Vanish memiliki solusi untuk mendapatkan pakaian bersih lagi.