Menginap – Panduan Orang Tua

Seperti kebanyakan anak-anak, mereka menyukai acara menginap dan hal itu menjadi cukup populer beberapa tahun terakhir ini. Menginap adalah ketika teman diundang untuk tinggal semalam atau lebih di rumah Anda. Biasanya untuk perayaan ulang tahun, acara khusus atau ketika anak-anak hanya sekedar memintanya setiap hari hingga orang tua mengizinkannya.

Inti dari menginap adalah mendapatkan kesenangan bersama teman, namun ironisnya diikuti dengan waktu tidur yang sedikit mungkin dengan berbagai film, mainan, komik, dan makanan untuk pesta tengah malam yang telah direncanakan sebelumnya. Hal penting untuk diingat adalah tingkat kesenangan yang dirasa oleh anak-anak, mereka dapat kehilangan kontrol dan jika Anda tidak berhati-hati, maka rumah Anda dapat dijadikan sebagai zona perang sehingga Anda perlu membuat beberapa aturan. Ini adalah rumah Anda, sehingga acara menginap yang menyenangkan bukan berarti tanpa aturan. Anda harus membuat peraturan hingga anak-anak tetap berpegang pada peraturan tersebut.

Aturan menginap:

Rapikan kamar anak Anda yang akan digunakan untuk menginap. Pastikan Anda memiliki kasur yang cukup, kantong tidur dan bantal serta ingatkan tamu Anda untuk membawanya juga.

Cobalah untuk membuat aturan dahulu. Misalnya, makan malam yang diikuti dengan setengah jam bermain, dilanjutkan bersiap-siap untuk tidur, menonton film, meminum cokelat panas, lalu tidur.

Jangan biarkan tamu kecil Anda mengkonsumsi terlalu banyak gula, karena mereka akan ingin makan banyak permen ini pasti akan memberi mereka energi yang berlebih hingga membuatnya sulit tidur. Siapkan makanan yang disukai anak-anak, dan sedikit permen, dengan waktu yang wajar.

Anak-anak senang untuk menceritakan kisah tentang bagaimana mereka harus tidur pukul 3 pagi atau mungkin kisah fantastis dari pengalaman mereka saat tidak tidur sama sekali. Jadi, penting untuk mengatur waktu untuk mematikan lampu. Keceriaan tidak akan berakhir dan mereka akan melanjutkannya dengan berbisik-bisik dan tertawa. Berikan maksimal satu jam untuk mereka tertawa dibalik selimut dan berikan mereka peringatan pertama. Sepuluh menit kemudian, peringatan kedua. Jika mereka masih mengobrol satu setengah jam kemudian, nyalakan lampu dan mengancam untuk memulangkan mereka semua. Mereka akan terdiam dan kemudian langsung tidur.

Tetap nyalakan lampu di sepanjang lorong untuk mempermudah tamu menuju kamar mandi saat tengah malam dan mencegah tamu Anda terjatuh serta dapat membantu mereka yang merasa takut berada di rumah yang berbeda.

Di pagi hari, siapkan diri Anda dengan membangunkan anak Anda lebih pagi ketika sedang ada tamu. Pastikan Anda membuat sarapan. Ketika anak-anak bangun dengan keadaan lapar, maka roti dan mungkin pancake dapat menjadi menu untuk mereka. Lalu jika matahari sudah bersinar, ajak mereka untuk bermain di luar.

Pastikan Anda memiliki Vanish! Noda yang terbentuk selama menginap, dari noda cokelat pada piyama hingga pizza, jangan khawatir, dengan Vanish, Anda tidak perlu kebingungan dengan bahaya noda yang mengotori pakaian Anda ataupun anak Anda karena noda hilang sepenuhnya sehingga dapat memberikan Anda waktu lebih untuk mengatur acara menginap yang lebih seru sembari Anda juga menikmati momen tersebut.