Jenis-Jenis Kain

Meski sudah pernah beberapa kali mencuci sebelumnya, tidak ada yang dapat Anda siapkan untuk mengatasi noda yang sangat sulit apapun jenis kainnya. Berikut beberapa jenis kain:

Kain yang Terbuat dari Bahan Alami

Katun

Katun merupakan jenis yang paling umum dari kain. Katun umumnya digunakan untuk pakaian anak-anak dan seperai karena bahannya yang halus dan nyaman dikulit. Katun juga bagus untuk menjaga kehangatan di saat cuaca dingin dan mendinginkan saat cuaca panas (Dengan SPF 7 untuk kaos berwarna putih).

Katun juga mudah dicuci. Katun biasanya bisa dicuci di mesin cuci, namun akan lebih baik jika Anda memperhatikan label pada pakaian terlebih dahulu. Tentunya jika pakaian yang terbuat dari katun Anda terkena noda, Vanish aman digunakan dan bisa menghilangkan noda pada pakaian katun.

Campur Vanish Oxi Action Bubuk  dengan air hangat dan gunakan langsung pada noda, bilas, dan cuci sesuai dengan petunjuk pada label pakaian. Namun, untuk hasil yang lebih bersih lagi Anda juga bisa menambahkan kembali Vanish bersama dengan deterjen Anda saat dicuci di mesin cuci.

Sutra

Bahan halus seperti sutra memiliki kandungan yang berbeda dari poliester dan serat sutra dapat bereaksi berbeda ketika dicuci menggunakan produk pembersih noda. Inilah mengapa selalu dianjurkan untuk membaca label pakaian sebelum Anda menggunakan pembersih noda.  Untuk Sutra, deterjen saja tidak cukup untuk menghilangkan noda, gunakan Vanish Cair untuk menghilangkan noda pada pakaian sutra Anda.

Linen

Linen terbuat dari serat tanaman rami dan umumnya berbahan halus. Seperti katun yang lembut, linen bisa rusak jika berputar terlalu keras di mesin cuci. Semakin lama noda berada di pakaian maupun seprai Anda, semakin sulit untuk dihilangkan, terutama pada bahan halus. Akan lebih baik untuk menghilangkan noda secepatnya.

Wol

Ketika menggunakan pembersih noda untuk wol, selalu perhatikan instruksi pada kemasan. Karena terkadang beberapa pembersih noda tidak bisa digunakan untuk wold dan menyebabkan wol menyusut. Seperti katun yang lembut, pakaian yang terbuat dari wol bisa melar jika dicuci dimesin cuci.

 

Kain yang Dibuat Oleh Manusia

Nilon

Nama nilon berasal dari New York dan London. Nilon adalah serat sintesis yang biasa digunakan untuk pakaian, seprai, dan selimut dan lebih tahan lama jika dibandingkan dengan kain yang terbuat dari bahan alami. Selain itu, kain yang terbuat dari nilon mudah untuk dijaga dan bisa dicuci atau keringkan tanpa perlu usaha lebih.

Polister

Polister banyak digunkan karena kemampuannya yang tidak mudah kusut seperti jenis kain yang lain. Polister terlihat kuat, tetapi juga lembut ketika disentuh. Tidak jarang kain polister dicampur dengan kain dari bahan alami.

Polistir mudah untuk dicuci, jadi Anda tidak perlu khawatir ketika mencucinya di mesin cuci. Jika Anda menemukan noda, Anda hanya butuh untuk membersihkannya sebelum pencucian (atau rendam) dengan mencampurnya dengan Vanish Oxi Action Bubuk lalu cuci seperti biasa dengan menambahkan 1 sendok takar Vanish.

Denim

Meskipun denim terbuat dari katun, secara teknik denim dibuat oleh manusia. Pakaian denim yang Anda kenal seperti celana jins dan jaket denim.

Denim digunkan oleh banyak orang di seluruh dunia karena ketahanannya dan kenyamanannya. Hal ini membuat denim menjadi salah satu jenis kain yang fashionable di pasaran.

Pencucian

Pisahkan kain Anda dari pakaian lain tidak hanya membantu Anda mencucinya dengan benar, tetapi juga mencegah pakaian Anda kelunturan.

Beberapa jenis kain yang termasuk dalam bahan halus memiliki simbol “handwashing”. Akan lebih baik jika Anda mencucinya menggunakan tangan atau periksa kembali mesin cuci Anda, apakah ada pilihan ‘hand wash’ atau ‘delicate’. Jika iya, Anda bisa menggunakan mesin cuci.

Penting untuk selalu mengikuti perintah yang tertera pada label pakaian. Untuk informasi tentang label pakaian dapat melihat infografis tentang label pada pakaian.